Perbedaan Altcoin vs Bitcoin, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Altcoin vs Bitcoin kerap kali menjadi perbandingan bagi pengguna atau pengoperasi kripto yang ingin menempuh pengalaman baru. Dua aset kripto yang paling populer tersebut nyatanya memiliki karakteristik dan keunggulan sendiri untuk digunakan, serta dapat ditukarkan dengan aset kripto lainnya.

1. Altcoin Versi Lebih Baik dari Bitcoin

Sebagai salah satu aset kripto yang mendatangkan peluang besar, Altcoin telah memproyeksikan dirinya sebagai versi yang lebih baik dari bitcoin. Kemunculan dari mata uang digital yang juga dikenal sebagai peer-to-peer tersebut, nyatanya membawa kesuksesan bagi para pendahulunya.

Altcoin dianggap hadir untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki bitcoin dengan proses menjanjikan. Harapannya, altcoin dan bitcoin dapat bersaing secara sehat, terutama dalam industri cryptocureency yang memiliki banyak pengguna.

2. Altcoin Menampung Fitur yang Belum Dimiliki Bitcoin

Pembuat dari mata uang digital ini telah banyak memasukkan berbagai fitur yang belum dimiliki Bitcoin supaya keunggulan tersebut mendatangkan peluang besar. Namun, perlu diketahui bahwa mayoritas dari program yang dijalankan Altcoin, banyak mendapatkan bantuan dari framework buatan Bitcoin.

Karena itulah, Altcoin berusaha untuk menawarkan fasilitas dan altenatif yang lebih mudah, melalui pengaksesan di internet. Beberapa dari Altcoin juga memiliki serangkaian fitur yang membuatnya lebih bervariasi dan banyak.

3. Bitcoin Sebagai Transaksi Sederhana

Tujuan dari dikembangkannya Bitcoin adalah supaya mata uang digital yang terdesentralisasi dapat menggantikan posisi uang fiat. Sehingga metode transaksi sederhana dengan kesepakatan peer-to-peer menjadi cikal-bakal perancangannya.

Cara tersebut dianggap dapat memperdaya jaringan yang ada, apabila verifikasi transaksi dilakukan secara kolektif. Sayangnya, Bitcoin belum bisa mewujudkan pendekatan fungsi kartu kredit atau alat pembayaran digital lainnya. Ditambah lagi, verifikasi dari transaksi yang dilakukan banyak menguras biaya dan sumber daya.

4. Altcoin dengan Smart Contract

Karena itulah, Altcoin hadir untuk menawarkan mekanisme yang cukup berbeda untuk menekan biaya dan kompleksitas dari pengembangan Bitcoin. Altcoin menyediakan teknologi terbaru berupa smart contact untuk mendirikan aplikasi inovatif di blockchain.

Selain itu, koin ripple maupun dash turut bekerja sama dalam menghadirkan perspektf baru, terkait kecepatan pembayaran dan kemungkinan bertransaksi. Ripple dirancang untuk memfasilitasi transaksi lintas batas yang biasanya dilakukan oleh perusahaan atau intuisi besar.

5. Kecepatan Bertransaksi

Fasilitas dash oleh Altcoin menawarkan kecepatan dalam bertransaksi yang sangat cepat, yakni sesingkat satu detik dalam satu kali transaksi. Fokus pada keamanan dibuat semakin ketat, serta strategi dalam lingkup ekosistem yang mempermudah investor untuk mengelola uangnya masing-masing sudah semakin dikembangkan.

Meski Altcoin sudah berusaha keras untuk menutup segala kekurangan dari Bitcoin, posisinya tetap tidak dapat menandingi sang pemimpin yang sejak lama sudah mendominasi pasar aset kripto. Karena itulah, Altcoin menjadi alternatif yang dapat Anda gunakan.

6. Bitcoin untuk Mengurangi Biaya Komisi

Visi dari dibentuknya Bitcoin adalah untuk memperluas fungsionalisme, memperbaiki infrastruktur, mengurangi biaya komisi, dan penyederhanaan transaksi. Jika ditanya Altcoin vs Bitcoin, penggunaan dari bitcoin lebih sederhana dan bagi pengguna yang sudah terbiasa memakainya, tentu akan lebih dimudahkan.

Semua koin dinilai berkolerasi dengan Bitcoin yang profitabilitasnya hampir tidak memiliki perubahan. Karena itulah, aset berharga dari kripto tersebut dapat dijadikan tolak ukur dalam sebuah proses penambangan.

7. Bitcoin Baik untuk Para Pedagang

Pedagang biasanya memang bekerja untuk uang kripto besar, seperti BTC atau ETH yang lebih mudah dianalisis, diprediksi, maupun memberikan keuntungan. Profitabilitas Bitcoin bagi para pedagang difasilitasi oleh volatisilitas yang tinggi, ketersediannya di berbagai platform, serta memiliki reputasi yang baik.

Jika masih memperhitungkan keuntungan dari Altcoin vs Biltcoin, akan lebih membawa pengaruh besar untuk pedagang jika Anda menggunakan Bitcoin. Altcoin memberikan likuiditas yang rendah, kurang dapat diprediksi, cukup sulit untuk dicairkan, tetapi korelasinya tinggi dibandingkan Bitcoin.

Jadi, tidak perlu dipertanyakan lagi, perbandingan antara Altcoin vs Bitcoin karena keduanya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Anda tinggal menyesuaikan pemakaiannya dengan kebutuhan dan proses yang sedang dijalankan.

Masih banyak berbagai investasi lainnya seperti DeFi. Bagi kamu yang belum tau apa itu DeFi bisa langsung download Coinomo di Play Store, dan download Coinomo di App Store.