Hubungan Software Akuntansi dengan Bisnis yang Wajib Anda Tahu!

 

Perkembangan teknologi yang semakin pesat berpengaruh terhadap software dan aplikasi yang ada di dalamnya. Berbagai macam software yang muncul pun akan membantu pekerjaan manusia sehari-hari maupun saat menjalankan bisnis sehingga sudah seharusnya dimiliki karena ketergantungan dan memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Salah satu software revolusioner dan wajib digunakan oleh hampir semua kalangan pebisnis adalah software akuntansi.

Hubungan Software Akuntansi dengan Pebisnis

Yang menjadi pertanyaan kali ini adalah apa hubungannya software akuntansi tersebut dengan pebisnis? Menjadi seorang pebisnis tentu membuat Anda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian hari tidak bisa terbendung.

Dalam setiap bisnis keuangan menjadi hal vital sehingga jika terjadi kesalahan dengan keuangan atau perhitungan tersebut akan menyebabkan manajemen keuangan tidak akan bisa berjalan dengan baik dikarenakan data yang disajikan tidak real time.

Memang software khusus akuntansi ini dikaitkan dengan perusahaan skala besar namun anggapan tersebut tidak benar karena perusahaan dengan skala kecil pun wajib menggunakan software khusus akuntansi ini. Sering sekali human error menjadi penyebab masalah atau kekeliruan pada bagian keuangan sehingga menjadikan performa di bidang keuangan menjadi tidak maksimal.

Dengan menggunakan software ini Anda sebagai pebisnis tidak perlu melakukan pencatatan pembukuan keuangan dengan cara manual, yang mana hanya tinggal memasukkan data ke dalam software khusus akuntansi tersebut.  Anda juga bisa menyusun anggaran dan mencetaknya setiap saat Anda membutuhkannya.

Data pada software tersebut pun memiliki transparansi yang bagus dimana bisa dilihat bagi karyawan yang memiliki akses terhadap data tersebut. Pebisnis juga bisa melihat performa bisnis kapan saja dibutuhkan tanpa harus melakukan penghitungan ulang dan secara terus menerus.

Yang harus Anda pahami adalah software khusus akuntansi ini tidak akan menggantikan konsep pelaporan keuangan namun yang bisa digantikan adalah pengolahan datanya. Hal itu dikarenakan tujuan dari penggunaan software ini adalah menghasilkan laporan keuangan seperti cash flow, neraca atau balance sheet, dan rugi laba yang lebih akurat.

Untuk penggunaan software khusus akuntansi ini pun pebisnis harus menggunakan jasa vendor yang terpercaya. Vendor tersebut tidak hanya akan memberikan software akuntansi terbaik namun juga akan memiliki konsultan yang kompeten dan berpengalaman sehingga Anda sebagai pebisnis bisa menggunakan software tersebut dengan mudah dan benar.

Software Akuntansi Berbasis Online atau Offline?

Yang sering dipertanyakan oleh pebisnis yang akan menggunakan software ini adalah memilih yang berbasis online atau offline. Pada dasarnya software terbagi jadi dua yang mana harus dioperasionalkan dengan menggunakan jaringan internet atau bisa dioperasionalkan tanpa menggunakan jaringan internet.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software tersebut. Untuk offline software ini tidak fleksibel dikarenakan Anda sebagai pebisnis harus hadir di lokasi bisnis untuk memasukkan dara melalui komputer, selain itu   Anda harus memantau laporan tersebut secara berkala.

Untuk yang berbasis online ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dimana Anda bisa memantau laporan bisnis kapan saja dan dimana saja, sedangkan untuk berbasis online akan mudah dalam melakukan update dan perkembangan.

Selain itu masih ada banyak kelebihan lainnya yang bisa didapatkan dengan software akuntansi terbaik berbasis online yaitu mengakses laporan keuangan secara real time dan datanya selalu update, bisa di integrasikan dengan aplikasi lainnya yang berbasis cloud, bagi Anda yang memiliki beberapa kantor cabang data akan mudah disinkronkan, mendapatkan pemeliharaan sistem dari vendor pemilik software, dan masih banyak lagi lainnya.

Melihat korelasi antara software khusus akuntansi dengan bisnis yang sangat erat tersebut akan sangat disayangkan jika Anda belum memanfaatkannya. Melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki, Anda bisa memilih software akuntansi berbasis online dibandingkan offline karena lebih fleksibel dan cocok bagi Anda yang memiliki mobilisasi yang tinggi.