4 Cara Merawat Diri Setelah Operasi yang Menyakitkan

Tidak mudah untuk melewati operasi besar. Anda mungkin kesakitan, Anda mungkin merasa kehilangan kemandirian dan kendali atas hidup Anda, dan Anda perlu membuat beberapa perubahan untuk menjadi lebih baik. Tetapi jika Anda menjaga diri Anda sendiri setelah operasi, maka semuanya akan berjalan lebih lancar. Dan itu berarti melakukan apa yang kita bisa untuk menghentikan rasa sakit dan mencegah komplikasi berkembang saat kita pulih bersama di rumah. Biarkan saya memberitahu Anda bagaimana cara merawat diri setelah operasi:

1) Istirahat sebanyak mungkin: Ini sulit karena kebanyakan orang ingin melakukan kegiatan mereka seperti sediakala sebelum operasi, juga tidak ingin bergantung pada keluarganya.

2) Gunakan Ponstan secara teratur: Saya tahu ini membutuhkan banyak usaha, tetapi ini adalah bagian terpenting dari pemulihan Anda setelah operasi. Saya tidak bisa cukup menekankan betapa pentingnya bagi Anda untuk meminum Ponstan atau obat lain apa pun yang kami resepkan secara teratur setiap hari. Anda mungkin juga memerlukan obat pereda nyeri dan pelemas otot, tetapi jangan lupa bahwa obat tersebut juga membawa risiko: pusing, kebingungan, dan konstipasi hanyalah beberapa dari efek samping yang mungkin Anda alami. Mengkonsumsi Ponstan secara teratur dapat mengurangi rasa sakit setelah operasi.

3) Menjaga kebersihan pribadi: Anda juga akan sembuh. Jadi pastikan Anda membersihkan diri dengan baik selama waktu ini agar tidak terinfeksi. Penting juga bagi Anda untuk menepati janji tindak lanjut, bahkan jika Anda merasa baik-baik saja. Karena kami mungkin ingin melakukan beberapa tes untuk memastikan operasi berhasil dan tidak ada komplikasi lain yang berkembang di sepanjang jalan. Dan jangan pernah kembali ke kebiasaan lama Anda. Ingat: semakin Anda merawat diri sendiri bahkan setelah operasi, semakin pulih kembali juga Anda.

4) Buat perubahan kecil di rumah: Anda mungkin tidak ingin mendengar ini. Penting bagi dokter untuk mengetahui bagaimana keadaannya sejauh ini ketika Anda merasa tidak enak badan, dan Anda harus bersiap untuk kedatangan dokter di rumah. Misalnya, Anda mungkin terbiasa makan semangkuk sereal atau oatmeal untuk sarapan sebelum Anda pergi keluar setiap pagi. Tetapi karena perut Anda mungkin sensitif setelah operasi, penting untuk menghindari apa pun selain cairan sampai dokter mengintruksikannya. Hal yang sama berlaku untuk makanan lain yang mungkin Anda nikmati tetapi itu tidak baik untuk pemulihan Anda. Mari kita lihat daftarnya dan bicarakan tentang apa yang masih bisa Anda makan serta perubahan apa yang harus dilakukan dalam makanan Anda di rumah.

Cara-cara diatas merupakan solusi untuk merawat diri Anda setelah operasi. Pada poin nomor 2, Anda disarankan atau dianjurkan untuk menggunakan obat Ponstan untuk meringankan rasa nyeri yang Anda rasakan setelah operasi. Namun, penggunaan Ponstan harus sesuai dengan instruksi dokter Anda.

Ponstan bisa Anda dapatkan di apotek terdekat dengan menggunakan resep dokter. Harga Ponstan di apotik kisaran 28.000 rupiah sampai 33.000 rupiah per blister (10 tablet). Harga dapat berbeda-beda di setiap apotek, tergantung di daerah mana tempat Anda membelinya.