6 Wisata Semarang Tema Alam, Air Terjun sampai Pantai

Apa yang Anda ingat ketika pertama kali mendengar kata Kota Semarang? Apakah lumpia? Atau justru simpang lima? Landmark ikonik yang dimilikinya? Semarang tak melulu soal kedua hal tersebut, karena terdapat wisata alam yang benar-benar mempesona di sana. Wisata Semarang dengan tema alam ternyata banyak tersembunyi di area pinggir kota, yang masih memiliki kondisi sangat natural.

Semarang yang terkenal dengan udaranya yang cukup hangat bisa disiasati dengan berkunjung ke area-area wisata alam, yang tentu saja memiliki hawa jauh lebih sejuk. Nah, pada artikel singkat ini, Anda akan mendapatkan rekomendasi wisata Semarang dengan tema alam yang sejuk, dan dapat dipastikan membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Jadi langsung saja, mari simak satu per satu rekomendasi yang kami susun khusus untuk Anda!

Kebun Bunga dan Sayuran Di Bandungan

Bandungan menjadi salah satu rekomendasi wisata Semarang yang kami berikan untuk Anda. Tak hanya memiliki hawa sejuk khas dataran tinggi, di sini Anda bisa menemukan banyak sekali kebun bunga dan sayuran yang dikelola dengan baik. Bandungan sendiri merupakan supplier sayur, buah, serta bunga untuk area-area sekitarnya.

Salah satu yang cukup terkenal adalah Kebun Bunga Celosia. Kebun ini disusun sedemikian rupa agar menjadi Instagramable, sehingga memanjakan Anda yang ingin berburu foto cantik di sana. Berlokasi di Jalan Wisata Candi Gedong Songo, Kecamatan bandungan, Semarang, kebun bunga ini buka mulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Tiketnya juga murah, hanya seharga Rp.20.000 di weekdays dan Rp.25.000 di weekend.

Bantir Hills, Wisata Semarang Bernuansa Hijau

Bantir Hills sendiri merupakan satu tempat di Semarang yang berada di ketinggian. Tentu, hawa sejuk menjadi satu hal yang pasti Anda dapatkan, dikombinasikan dengan banyaknya gardu pandang yang ada di lokasi ini, membuat Anda dijamin betah berlama-lama. Sekedar duduk menikmati udara segar dan pemandangan hijau, atau berburu foto dengan latar belakang yang indah, akan jadi kegiatan menyenangkan.

Lokasinya ada di Jalan Bantir, Desa Losari, Kecamatan Sumowono, Semarang. Anda bisa menemukannya dengan mudah di Google Maps atau layanan peta online lainnya. Jangan lupa membawa jaket atau baju tebal ya!

Brown Canyon Di Tembalang

Well sebenarnya lokasi wisata Semarang yang satu ini adalah sisa dari aktivitas penambangan yang pernah dilakukan. Tadinya, Brown Canyon merupakan satu area bukit yang indah. Namun kemudian aktivitas penambangan dilakukan dengan cukup intens, sehingga yang tersisa sekarang hanya relief alam yang justru menarik untuk dikunjungi.

Tebing tinggi yang estetis ketika dipadukan dengan cahaya pagi atau sore hari, akan jadi objek foto yang sangat indah untuk diambil gambarnya. Kondisi area yang senantiasa terjaga kebersihannya juga membuat Anda bisa menikmati alam dengan maksimal. Lokasinya ada di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Puri Maerokoco, Taman Mini Jawa Tengah Indah

Mendapat sebutan demikian karena memiliki banyak bangunan rumah adat seperti halnya Taman Mini Indonesia Indah, Puri Maerokoco juga jadi salah satu wisata Semarang yang wajib Anda sambangi. Dengan nuansa yang natural, keindahan hutan bakau alami, serta jalan setapak yang dibuat dari kayu di sekeliling hutan bakau, waktu Anda akan berjalan sangat lambat dan menyenangkan saat berkunjung.

Selain pemandangan dan nuansa yang sejuk, Anda juga bisa menikmati kegiatan seperti outbound dan camping di lokasi ini. Tak perlu repot mencari alamatnya, karena ketika Anda mengetikkan Puri Maerokoco di Google Maps, lokasinya akan muncul secara langsung.

Curug Benowo dan Curug Lawe

Lokasi Curug Benowo ada di Desa Kalisidi, dan jadi andalan wisata Semarang dengan tema alam. Memang ada jalur tracking yang harus Anda tempuh, namun pengalaman mencapai titik air terjun ini setelah tracking akan semakin nikmat, karena sepanjang jalur Anda akan disajikan pemandangan hijau dan nuansa sejuk.

Tak jauh dari Curug Benowo, ada juga Curug Lawe. Pesona Curug Lawe sendiri terletak pada banyaknya air terjun dengan ukuran kecil yang tersaji di satu titik. Jadi Anda akan merasakan suasana yang damai, tenang, dan segar ketika berada di sana.

Sunset Di Pantai Marina

Tak lengkap rasanya jika berbicara mengenai wisata Semarang tanpa menyebutkan salah satu pantai paling ikonik di sana. Pantai Marina, menjadi spot favorit untuk mereka yang ingin menikmati keindahan matahari terbenam pada sore hari. Pengalaman menikmati sunset ini akan semakin sempurna ketika ditemani secangkir kopi, atau camilan yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan pantai ini.

Jadi, dengan rekomendasi wisata Semarang bertema alam di atas, Anda sudah mulai tertarik melirik Semarang jadi destinasi liburan selanjutnya? Eits, tunggu dulu, sementara kondisi pandemi masih belum membaik, kami tetap merekomendasikan Anda agar menunda liburan Anda. Setidaknya dengan artikel ini, Anda bisa mulai membuat itinerary liburan ke Semarang suatu saat nanti. Anda juga bisa menemukan banyak artikel menarik dan berguna lain di situs resmi Indonesia Travel. Jadi segera kunjungi Indonesia Travel, dan susun rencana liburan Anda sekarang juga!