Apa itu Pemasaran Afiliasi? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa sebenarnya pemasaran afiliasi itu?

Pemasaran afiliasi adalah pengaturan pemasaran berbasis kinerja, di mana bisnis memberi penghargaan kepada individu (afiliasi atau pemasar afiliasi) untuk mempromosikan produk atau layanannya.

Berikut adalah contoh khas dari pengaturan pemasaran afiliasi:

ABC Electronics, pengecer elektronik online, telah membuat program afiliasi dan mendorong afiliasi untuk bergabung dengan program tersebut. Anda mendaftar untuk program afiliasi dan mulai mempromosikan berbagai produk yang ditawarkan oleh ABC Electronics.

Setiap kali pembelian dilakukan oleh pelanggan yang Anda rujuk ke toko online ABC Electronics, Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan, yang merupakan persentase tertentu dari harga jual.

Pada contoh di atas, ABC Electronics adalah pedagang yang menjalankan program afiliasi, sedangkan Anda adalah afiliasi atau pemasar afiliasi yang mempromosikan produknya.

Bagaimana cara kerja pemasaran afiliasi?

Karena setiap bisnis perlu menarik pelanggan agar dapat berkembang, banyak bisnis mengadopsi strategi pemasaran afiliasi. Artinya, mereka “merekrut” pemasar afiliasi untuk mempromosikan produk atau layanan mereka di internet.

Strategi ini hemat biaya, karena pedagang hanya akan membayar komisi ketika pelanggan yang dirujuk menyelesaikan pembelian.

Dari sudut pandang affiliate marketer, komisi sudah cukup memotivasi. Yang lebih menarik adalah kenyataan bahwa tidak ada batasan berapa banyak yang dapat diperoleh afiliasi setiap bulannya. Semakin banyak pelanggan yang Anda rujuk ke bisnis, semakin banyak uang yang Anda hasilkan.

Jadi, setiap penjualan yang berhasil diselesaikan adalah situasi win-win-win: kemenangan untuk bisnis (pelanggan baru), kemenangan untuk afiliasi (penghasilan tambahan), dan kemenangan bagi pelanggan (produk/layanan baru yang dibeli).

Bagaimana tepatnya afiliasi mempromosikan produk atau layanan pedagang?

Untuk menjadi Affiliate marketing, langkah pertama Anda adalah mendaftar untuk program afiliasi yang disiapkan oleh pedagang mana pun pilihan Anda.

Setelah Anda menyelesaikan pendaftaran, Anda harus membuat tautan afiliasi unik untuk setiap penawaran yang ingin Anda promosikan. Karena tautan inilah yang memberi tahu pedagang Anda bahwa Anda memfasilitasi penjualan, Anda harus menempatkannya di platform apa pun yang Anda gunakan untuk pemasaran afiliasi.

Ada banyak cara untuk mempromosikan penawaran merchant Anda. Mereka termasuk yang berikut:

1. Blogging

Ini melibatkan pembuatan blog, baik khusus untuk penawaran yang Anda promosikan atau untuk topik yang lebih umum yang terkait erat dengan penawaran.

Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan blender listrik untuk ABC Electronics menggunakan blog, blog Anda dapat berfokus pada model blender tertentu yang ingin Anda promosikan, pada blender dari berbagai merek, atau bahkan pada peralatan dapur pada umumnya.

2. Pemasaran forum

Ini melibatkan bergabung dan berpartisipasi secara aktif dalam forum di mana ada pengguna yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda promosikan.

Tujuan Anda adalah menawarkan informasi bermanfaat kepada orang lain, sambil merekomendasikan penawaran Anda dengan cara yang halus.

3. Pemasaran media sosial

Anda juga dapat mempromosikan penawaran merchant Anda di Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Cara cerdas untuk mencapai kesuksesan dengan strategi ini adalah dengan membuat grup atau halaman yang diperuntukkan bagi pengguna yang kemungkinan besar akan tertarik dengan produk atau layanan yang Anda promosikan.

Tujuan Anda di sini adalah untuk menawarkan informasi bermanfaat terkait dengan penawaran pedagang Anda dan mempromosikan penawaran tersebut secara diam-diam.

4. Pemasaran email

Strategi yang sangat populer ini melibatkan pembuatan insentif — seperti e-book gratis — yang akan menarik perhatian orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda promosikan, dan kemudian menggunakan insentif itu sebagai umpan untuk membuat mereka bergabung dengan milis Anda.

Setelah membangun daftar pelanggan yang sangat banyak dan menjaga hubungan baik dengan mereka melalui informasi yang bermanfaat, Anda dapat menawarkan produk atau layanan yang Anda promosikan kepada mereka.

Strategi lain termasuk iklan banner dan iklan bayar per klik. Saya tidak akan membahas banyak tentang mereka di posting ini.

Terlepas dari platform yang Anda pilih, tujuan akhir Anda adalah menghasilkan uang dengan mendorong orang untuk membeli apa pun yang Anda promosikan dengan mengunjungi toko online pedagang melalui tautan afiliasi unik Anda.

Dengan mengingat semua hal di atas, saya yakin Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa itu pemasaran afiliasi dan bagaimana cara kerjanya.