Apa Perbedaan Asuransi Comprehensive dan All Risk?

Apa Perbedaan Asuransi Comprehensive dan All Risk?

Istilah asuransi mobil bukanlah hal yang asing lagi bagi sebagian orang. Memiliki kendaraan pastinya beresiko terhadap kecelakaan maupun kehilangan sehingga sebuah asuransi itu penting untuk kamu miliki. 

Dalam hal ini, asuransi mobil terbaik tentunya menjadi incaran banyak orang. Tapi tahukah kamu bahwa asuransi mobil ternyata memiliki beberapa jenis? 

Ada asuransi mobil all risk dan ada asuransi mobil comprehensive. Apa perbedaannya?

Perbedaan Asuransi All Risk dan Comprehensive

Antara asuransi all risk dan Comprehensive, perbedaannya terletak pada perlindungan yang diberikan oleh kedua asuransi tersebut. Asuransi comprehensive akan menanggung segala jenis kerusakan yang tercantum di wording yang berisi ketentuan, kondisi serta persyaratan pertanggungan. 

Pertanggungan ini berluk termasuk dengan perluasan banjir, perluasan RSCC atau perluasan TPL  atau Third Party Liability dan hanya berlaku untuk asuransi auto. Untuk lebih jelasnya berikut rincian asuransi yang dicover oleh Asuransi comprehensive yaitu Kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan akibat dari tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok; perbuatan jahat; pencurian, dan kebakaran.

Kebakaran yang dimaksud yaitu kebakaran akibat dari kebakaran benda lain yang berdekatan, Sambaran petir, dan pemusnahan kendaraan atas perintah dari pihak yang berwenang. Tidak hanya itu, kerusakan kendaraan bermotor akibat dari proses pemadaman kebakaran juga bisa tercover asuransi ini.

Nah dari uraian tersebut kita bisa mengetahui bahwa asuransi comprehensive tidak mengcover kecelakaan akibat dari banjir, dan sebagainya. Sedangkan untuk asuransi all risk mengcover semua kerugian yang terjadi mulai dari hal kecil hingga besar. 

Hal ini juga berarti bahwa asuransi all risk bisa memberikan perlindungan total terhadap mobil kamu. Sekecil apapun kerusakan pada mobil kamu, kamu bisa mengklaim kerusakannya jika mau. Apalagi kerusakan yang besar, tentunya sudah tercover dengan baik. 

Jadi bisa dikatakan bahwa dengan asuransi ini, kamu tidak perlu khawatir lagi saat berkendara. Karena jika ada masalah dengan mobil kamu sudah bisa ditanggung dengan asuransi ini. 

Tidak hanya itu, asuransi ini juga akan sangat cocok untuk orang yang tidak ingin repot. Jika ada masalah, kamu hanya perlu lapor ke pihak asuransi, maka perusahaan dengan senang hati untuk menanggung masalah kamu. 

Walau kamu sudah memiliki asuransi ini, alangkah lebih baiknya kamu tetap mengutamakan keselamatan kamu ya. Alih-alih ugal-ugalan di jalan karena sudah memiliki asuransi, sebaiknya keamanan berkendara lebih kamu utamakan ya. 

Namun tentunya setiap kelebihan juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari asuransi all risk yaitu harganya lebih mahal daripada asuransi comprehensive. 

Ini tentunya menjadi sebuah masalah, terutama bagi orang-orang yang memiliki biaya terbatas dan memiliki tipe mobil yang tidak mewah. Jadi alangkah baiknya dalam memilih asuransi kamu juga memperhatikan keuangan dan tipe mobilmu ya. Jadi jika kamu memiliki biaya terbatas, sebaiknya memilih asuransi comprehensive ya! 

Sudah Tahu Perbedaan Asuransi All Risk dan Comprehensive?

Setelah kamu mengetahui perbedaan asuransi tersebut, kamu tinggal menentukan sendiri untuk memilih asuransi yang mana. Apapun pilihanmu sebaiknya kamu memilih asuransi yang sudah kamu sesuaikan dengan keuanganmu ya.

Alih-alih memilih asuransi mahal namun malah menyusahkan mu dalam membayar biaya asuransi nya, lebih baik kamu memilih asuransi yang sesuai dengan keuangan mu, tapi dapat mengcover beberapa hal sesuai dengan kepentinganmu.