Aplikasikan Pencegahan Penyakit Menular Sedini Mungkin

Kesehatan merupakan kunci utama hidup agar bahagia dan bisa melakukan seluruh aktivitas dengan baik, lalu bagaimana proses pencegahan penyakit menular? Apabila kondisi tubuh Anda sakit, semua keinginan tentu akan terganggu.

Sebab kesehatan merupakan hal yang sulit diperoleh apabila tidak rajin menjaga kesehatan itu sendiri. Sakit tak hanya disebabkan oleh diri sendiri, namun penyakit yang di derita dapat disebabkan oleh seseorang yang menderita atau ditularkan oleh penyakit menular.

Bagaimana Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Kuman penyebab penyakit menular seksual bisa menginfeksi manusia melalui berbagai cara, seperti dari sperma, cairan vagina, darah, air liur serta kontak kulit. Penyakit menular tersebut bisa dihindari dengan menjalankan hubungan seksual yang aman serta gaya hidup sehat.

Penyakit menular seksual atau biasa disebut dengan infeksi bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Terdapat banyak bentuk penyakit kelamin seperti, Aids, kutil kelamin, kanker serviks, merupakan jenis yang disebabkan oleh penularan melalui virus. Penyakit lain yang ditularkan dari bakteri yakni sifilis, gonore dan klamidia. Sedangkan trikomoniasis masuk kategori penyakit yang ditularkan karena parasit.

Bagaimana Cara Melindungi Diri Agar Terserang Penyakit Kelamin?

Faktor dan risiko mutlak yang disebabkan tertularnya penyakit menular seksual yakni karena berhubungan seksual, baik melalui penis, vagina, anal seks, dan oral. Apabila Anda belum malakukan hubungan seksual, kemungkinan tertular menjadi rendah.

Namun bukan berarti satu-satunya cara pencegahan penyakit menular tidak melakukan hubungan seksual sama sekali, berikut beberapa cara mencegah penyakit menular seksual yang akan kami jabarkan kepada kalian semua.

Setia kepada pasangan dapat memperkecil risiko tertularnya penyakit kelamin, karena tak melakukan hubungan seksual dengan banyak orang. Risiko minim tersebut adalah setia kepada pasangan di rumah. Tetunya dengan catatan bahwa pasangan Anda tidak tersernag infeksi penyakit kelamin.

Menjauhi narkoba dan alcohol menjadi salah satu bentuk pencegahan penyakit menular yang penting. Apabila Anda melakukan hubungan seksual dan dalam keadaan terpengaruh alcohol, risiko untuk melakukan seks aman semakin berkurang.

Dengan istilah lain, ketika Anda dalam keadaan tak sadarkan diri, Anda akan melakukan hubungan seksual yang berisiko. Misalnya melukai pasangan sehingga bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin bisa masuk dan menimbulkan luka. Walaupun kita masih bisa terserang Herpes atau HPV ketika mengenakan kondom, sebagian besar penyakit menular seksual dapat dicegah menggunakan kondom.

Terdapat beberapa kondom yang mempunyai kandungan membunuh mikroorganisme yang menyebabkan penyakit mudah masuk. Mencegah kebersihan terutama sebelum dan setelah melakukan hubungan seksual, Anda juga harus membersihkan organ kelamin sebelum dan sesudah melakukan hubungan untuk pencegahan penyakit menular. Dengan menjaga kebersihan pada area kelamin, Anda bisa mencegah terserangnya mikroorganisme yang menyebabkan panyakit menular seksual.

Bagi kaum wanita, Anda bisa menggunakan cairan antiseptic untuk membersihkan area kewanitaan yang mengandung povidone iodine, untuk membasi bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi pada vagina. Gunakan pembersih kewanitaan agar setelah berhubungan seksual, kesehatan vagina tetap terlindungi dengan baik.

Perlu di ingat pembersih vagina cukup di aplikasikan pada bagian luar vagina saja, karena bagian dalam lubah vagina sudah mempunyai mekanisme pembersihan sendiri dengan bantuan bakteri baik.

Melakukan Pemeriksaan Secara Di Klinik Terpercaya Dan Berkualitas

Banyak kalangan yang menderita penyakit menular seksual namun tidak memperlihatkan gejala apapun. Anda harus menjadi lebih waspada ketika menjalankan hubungan seksual. Selain beberapa langkah diatas, Anda harus periksakan kondisi kesehatan seksual dengan pasangan ke dokter, ini merupakan proses penting untuk menghindari penyakit menular.

Baca juga apakah penderita stroke boleh dipijat di drlaser.co.id disini.