Inilah Wisata Alam Bandung yang Indah untuk Dikunjungi

Bandung adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan suasana dingin. Hal ini wajar karena letak Bandung yang lebih dekat dengan gunung dan perbukitan. Baik gunung maupun perbukitan tersebut kini menjadi wisata alam Bandung. Setiap akhir pekan, wisatawan, terutama dari Jakarta sering mengunjungi Bandung untuk menikmati wisata di sana.

Oleh karena suasananya dingin, di Bandung tidak ada wisata alam yang berupa pantai. Namun, apabila ingin menikmati wisata air, ada beberapa daerah yang identik dengan air seperti kawah dan air terjun.

Nah, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Bandung, ada baiknya mengecek daftar rekomendasi wisata alam Bandung. Rekomendasi di bawah ini adalah wisata alam Bandung yang sering dikunjungi baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

1. Gunung Putri Lembang

Apa yang paling menyenangkan dari Bandung? Salah satunya adalah wisata alam yang menarik. Bagi wisatawan yang hobi trekking, ada baiknya mengunjungi Gunung Putri Lembang. Jarak dari kota menuju Gunung Putri Lembang sekitar satu jam. Nah, untuk trekking menuju puncak, kira-kira dibutuhkan waktu 30-40 menit.

Jika sudah sampai di atas, wisatawan bisa melihat keseluruhan Kota Bandung. Agar lebih maksimal merasakan sensasi Gunung Putri, cobalah trekking menjelang matahari terbit atau matahari terbenam. Inilah wisata alam Bandung yang layak dikunjungi.

2. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Salah satu wisata alam Bandung yang sering dikunjungi baik warga lokal maupun wisatawan adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Letaknya berada di Dago Pakar. Tidak jauh dari pusat kota. Di sini, wisatawan akan merasakan kesegaran hawa dan hutan yang cukup asri.

Cocok juga untuk dijadikan trekking. Bahkan bisa pula sebagai tempat piknik. Rehat dari rutinitas kantor untuk kembali ke alam. Sangat menyenangkan, bukan?

3. Kawah Putih Ciwidey

Ini adalah wisata alam Bandung yang menjadi favorit. Hampir setiap pekannya, banyak wisatawan mengunjungi Kawah Putih Ciwidey. Waktu tempuh untuk menuju Kawah Putih Ciwidey adalah 1,5 jam. Meskipun terbilang cukup lama, tapi pemandangan yang disajikan sangatlah mempesona.

Kawahnya bisa berubah-ubah warna. Mulai dari putih, biru, hijau, hingga biru kehijauan. Tempatnya sungguh luas dan sangat cocok untuk spot instagram-able. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Kawah Putih Ciwidey adalah saat sunset. Wisatawan akan melihat pemandangan terbaik yang pernah hadir di Indonesia.

4. Kampung Cai Ranca Upas

Jika wisatawan ingin melakukan kemah sembari menikmati pemandangan alam yang luar biasa, cobalah ke Kampung Cai Ranca Upas. Letaknya berada di selatan Bandung. Di tempat itu, wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan rusa. Ya, karena di situlah ada tempat penangkaran rusa.

Namun, bagi yang tak ingin berkemah, bisa, kok sekadar mengunjungi tempat penangkaran rusa. Di situ, wisatawan bisa memberi makan rusa. Tentu saja ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup. Kapan lagi bisa langsung memberikan makan hewan rusa. Selain itu, wisatawan bisa berenang di kolam air yang airnya langsung dari alam. Wah, menarik, bukan?

Itulah empat wisata alam Bandung yang perlu wisatawan ketahui. Sebenarnya, masih banyak wisata alam Bandung yang belum ditampilkan di sini. Akan tetapi, setidaknya empat wisata alam itu bisa menjadi rencana kuliner bagimu saat memilih menghabiskan akhir pekan di Bandung.

Selain kamu bisa mengetahui apa yang menarik di Bandung, kamu juga bisa mengabadikan momen pemandangan dan suasana Bandung melalui gawai atau kamera. Tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan air, dan jauhi kerumunan.

Telusuri di Indonesia Travel untuk mengetahui apa saja pesona alam maupun budaya di Indonesia lainnya. Kamu bisa melihat berbagai artikel menarik lain di situs resmi Indonesia Travel. Lakukan perencanaan liburanmu dan dapatkan pengalaman tak terlupakan ketika berwisata ria di Bandung!