Kapan Waktu Tepat Harus Menambah Karyawan?

Baik pengusaha besar maupun kecil, memutuskan untuk menambah pegawai atau tidak adalah salah satu keputusan yang sulit untuk dibuat. Pasalnya, akan terdapat biaya pengeluaran tambahan. Namun hal ini memang merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengembangkan perusahaan Anda. Sebelum memutuskan menambah karyawan, sebaiknya perhatikan lagi apakah memang membutuhkannya.

Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan untuk menambah karyawan:

1. Seperti Apa Bisnis Anda dalam Satu Tahun ke Depan?

Akan lebih baik jika sedari awal Anda sudah memiliki rencana bisnis, menetapkan tujuan dan mempunyai ide mengenai kemana bisnis Anda akan berjalan. Sebelum merekrut, review kembali tujuan bisnis Anda. Lihat apakah jumlah karyawan yang banyak akan memberikan kontribusi maksimal pada perusahaan.

Kemudian, lihat tipe karyawan seperti apa yang cocok dan bisa membantu untuk mencapai tujuan? Apakah Anda membutuhkan bantuan untuk mengerjakan proyek tertentu? Atau apakah Anda membutuhkan sekretaris untuk membantu mengurus surat menyurat?

2. Apakah Anda Mampu Secara Finansial untuk Merekrut Karyawan Baru?

Setiap karyawan baru membutuhkan pelatihan, mendapatkan asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, upah setiap bulan dan sebagainya. Apakah kondisi finansial perusahaan Anda sanggup memenuhi semua kebutuhan tersebut? Merekrut karyawan baru berarti Anda akan menambah pengeluaran pada beberapa waktu awal.

3. Berapa Lama Waktu yang Anda Butuhkan untuk Mengerjakan Banyak Tugas?

Apakah waktu Anda banyak terbuang untuk mengerjakan hal-hal mikro perusahaan seperti menjawab pertanyaan pelanggan, penanganan keluhan atau mengelola pembukuan? Tugas seperti itu seharusnya dikerjakan oleh karyawan sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk mengurus pekerjaan penting lainnya.

4. Apakah Perusahaan Anda Berkembang?

Walaupun sederhana, namun hal ini penting untuk ditanyakan pada diri Anda sendiri. Mempekerjakan karyawan baru adalah keputusan yang tepat jika perusahaan Anda saat ini sedang tumbuh. Jika Anda mengalami pertumbuhan yang lambat, mungkin ini saat yang terbaik untuk melakukan penambahan karyawan.

5. Apakah Bisnis Anda Bisa Menangani Banyak Karyawan?

Di mana tempat bekerja atau kantor Anda? Rumah atau gedung kantor? Lalu, apakah pekerjaan harus dilakukan secara langsung di kantor atau bisa dikerjakan dari jarak jauh?

Pertanyaan-pertanyaan itu penting untuk Anda pikirkan sebelum merekrut karyawan baru. Pasalnya, jika ruang bekerja perusahaan tidak memiliki tempat yang cukup, maka Anda harus pindah ke tempat yang lebih besar untuk “menampung” karyawan lama dan baru. Atau Anda harus memiliki karyawan yang bisa bekerja dari jarak jauh atau dengan kata lain secara mobile.

Perlu diingat, hal terpenting adalah memiliki karyawan sesedikit mungkin namun dapat bekerja semaksimal dan seefektif mungkin. Terlalu banyak karyawan terkadang membuat mereka menganggur karena pekerjaan sudah ditangani banyak orang lain.

Jika memang hasil pertimbangan di atas sudah  memenuhi, maka inilah waktunya bagi Anda untuk mencari karyawan. Gunakan platform hiring terbaik Shortlyst untuk membantu mempermudah proses rekrutmen. Anda akan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan karena Shortlyst telah menggunakan teknologi AI yang cerdas dan efisien.

Terdapat 600 juta lebih profil kandidat yang bisa diakses dari seluruh dunia. Shortlyst dapat terintegrasi ke berbagai platform seperti LInkedIn, bahkan nantinya akan mampu terintegrasi ke Slack, email, WhatsApp, dan lainnya.

Shortlyst menyediakan fitur yang mendukung proses perekrutan dilakukan layaknya bekerja dalam tim, bisa saling tag antara kandidat dan rekruter, dan fitur-fitur lain yang memudahkan proses perekrutan.

Harga yang sangat terjangkau mulai dari 23 USD, atau hanya 5% dari harga software serupa yang disediakan LinkedIn, sehingga Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan Shortlyst.