Keluarga Bahagia Adalah? Bagaimana Mendapatkannya?

Keluarga bahagia adalah hal yang memang diidamkan. Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda dan ini adalah budaya mereka. Apa yang terjadi di rumah tetangga tentunya akan berbeda dengan apa yang terjadi di rumah Anda. Ini adalah kenyataan, semuanya berbeda. Namun, ada beberapa hal sederhana yang sangat berharga karena dengan beberapa hal ini Anda dapat memiliki keluarga bahagia.

Apa Itu Keluarga Bahagia?

Keluarga bahagia merupakan keadaan keluarga di mana suka dan duka dibagi bersama. Saling bertoleransi, saling melindungi, saling membantu, saling mencintai. Anda selalu ingin membahagiakan keluarga dan itulah keluarga bahagia. Lalu, bagaimana cara mencapai keluarga yang bahagia?

1. Berbagi tugas

Jika Anda tidak bisa melakukannya setiap hari, Anda bisa melakukannya di akhir pekan. Setiap anggota keluarga harus dibagi tugas seperti ibu pergi ke pasar dan memasak, ayah membersihkan garasi dan teras dan mencuci mobil, anak laki-laki membersihkan kamar dan membantu ayah, anak perempuan juga membersihkan kamar dan membantu ibu menyiapkan makan malam.

Tentu saja ini bisa disesuaikan dengan hobi anak. Jika anak laki-laki Anda memang memiliki hobi memasak, jangan dilarang. Memasak juga termasuk surviving skill di mana setiap orang harus memilikinya. Anak perempuan juga tentu saja boleh membantu ayah.

2. Menikmati waktu bersama keluarga

Menonton bersama keluarga mungkin terdengar sederhana, tetapi dapat membantu Anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya bersama keluarga atau quality time sembari makan camilan sehat bersama sambil menonton film keluarga favorit.

3. Jangan ada rahasia

Keluarga bahagia adalah di mana setiap anggota keluarga harus berbicara satu sama lain dengan jujur dan menghindari rahasia. Ajari anak Anda untuk jujur ‚Äč‚Äčkepada orang tua mereka. Hal yang sama berlaku untuk ibu dan ayah.

Keterbukaan itu sangat penting dalam keluarga bahagia. Jangan hanya menuntut anak untuk jujur dan terbuka namun orang tua justru melakukan kebalikannya. Ini akan membuat anak merasa tidak adil dan akhirnya memilih untuk menjadi tertutup.

4. Makan siang hari Minggu bersama setiap akhir pekan

Jadikan ini hal yang wajib dilakukan apalagi jika orang tua sibuk bekerja di hari-hari biasanya. Jangan biarkan anak berpikir bahwa makan bersama keluarga menjadi hal yang canggung karena tidak pernah dilakukan sama sekali. Jika memang sangat sibuk, sisihkan hari minggu untuk dihabiskan bersama keluarga.

5. Tidak berdebat di depan anak-anak

Diskusi sering mengarah pada pikiran negatif dan perdebatan. Ada kata-kata yang tidak cocok untuk anak-anak maka dari itu hindari berdebat di depan mereka bahkan jika memungkinkan, hindari berdebat dan jernihkan pikiran terlebih dahulu agar tidak menimbulkan keributan dalam rumah tangga dan nantinya bisa dibicarakan ketika sudah tenang.

Keluarga bahagia adalah hal yang memang sulit didapatkan oleh sebagian besar keluarga namun jika melakukan hal di atas, Anda dan pasangan maupun bersama anak-anak tentunya akan mendapatkan hal tersebut yang memberikan kebahagiaan yang mungkin belum didapatkan sebelumnya.

Keluarga bahagia adalah hal yang bisa didapatkan dengan menjalankan beberapa hal di rumah bersama setiap anggota keluarga.