Komitmen Bakrie Grup untuk Mendukung Kesehatan Masyarakat Indonesia  

Berita Indonesia bersama GSHC dan B20, Bakrie Grup sebut Komitmen untuk Perkuat Kesehatan RI di Kancah Dunia. Hal ini terkait dengan melonjaknya kasus varian baru covid 19 atau Omicron di Indonesia. Hingga dalam perayaan ulang tahun Bakrie Grup ke-80 kemarin, para tokoh menyebutkan, bahwa mereka akan membantu kesehatan masyarakat Indonesia.

Bakrie grup atau Bakrie Center Foundation (BCF) bersama Global Health Security Consortium (GHSC) dan B20 berkomitmen untuk memajukan Indonesia dalam agenda kesehatan, dengan membentuk Global Health Legacy (GHL).

Pertemuan Bakrie Grup dengan GHSC dan B20 

Bakrie Center Foundation (BFC) diwakili oleh Anindya Bakrie sebagai founder menyebut, tindakan ini sebagai upaya untuk menjadikan Indonesia lebih siaga, tanggap, dan responsif menghadapi pandemi. Guna mewujudkan kesehatan global yang semakin terarah.

Penyataan Anindya Bakrie di Jakarta, pada Sabtu (12/02/2022) adalah mengenai dukungan BCF, yang merupakan bagian dari komitmen Bakrie Group.

Sementara Global Health Security Consortium (GHSC) merupakan suatu konsorsium dengan 3 institusi terdepan dalam bidang kesehatan global. GHSC dipimpin oleh Sir Tony Blair. Disebutkan bahwa mantan perdana menteri Inggris tersebut ahli dalam bidang politik, sains, dan medis.

GHSC merupakan bisnis kerja sama atau kemitraan. GHSC meliputi; Tony Blair Institute for Global Change, Lawrence J. Ellison Institute for Transformative Medicine, dan kumpulan periset dari University of Oxford.

Kolaborasi Fokus pada 3 Pilar Pokok

Kolaborasi ini akan berfokus pada 3 pilar kebijakan. Yaitu meliputi; memperluas akses vaksinasi bagi masyarakat Indonesia (baik vaksin covid 19 maupun penyakit menular lainnya), early monitoring, dan early detection mutasi.

Hingga menekuni penelitian untuk varian penyakit baru berbasis genomic sequencing. Selain daripada menggunakan riset bersama dalam invasi ilmu hayati di negara-negara Global North dan Global South. Selanjutnya hasil akan diikutkan dalam KTT yang akan dilakukan di Indonesia.

BFC, GHSC, dan B20 Indonesia akan terus bekerja sama untuk peningkatan sarana prasarana kesehatan dunia. Anidya menjelaskan terkait kolaborasi penanganan wabah covid 19 dalam pemulihan yang bersifat inklusif.