Macam Makanan yang Terkandung Protein Jenis Hewani

Setiap tubuh manusia memerlukan bermacam nutrisi. Salah satu jenis nutrisi yang mungkin kerap Anda dengar yaitu protein hewani. Adapun jenis protein tersebut begitu dibutuhkan oleh manusia selama tak dikonsumsi dengan berlebihan. Manfaat dari protein jenis hewani seperti membangun sekaligus memperbaiki bermacam jaringan yang ada di dalam tubuh.

Mungkin saja Anda sudah mengetahui kalau protein jenis hewani merupakan suatu protein yang asalnya dari hewan. Sementara itu keunggulan yang terdapat dalam protein hewani yaitu memiliki zat asam amino esensial yang terbilang jauh lebih lengkap daripada protein nabati. Di dalam protein jenis hewani terdapat pula sejumlah nutrisi antara lain B12, zat besi, vitamin D serta asam lemak omega 3.

Jenis Makanan yang di dalamnya terkandung protein jenis hewani

Selama ini sejumlah orang mengira kalau makanan yang di dalamnya terkandung protein jenis hewani yaitu daging-dagingan. Tetapi sebenarnya masih terdapat sejumlah sumber protein jenis hewani lainnya. Sejumlah makanan yang di dalamnya terkandung protein jenis hewani antara lain :

  1. Ikan Salmon

Makanan pertama ada ikan salmon yang di dalamnya mempunyai jumlah kadar protein jenis hewani yang lebih banyak daripada ikan jenis lainnya. Sebab untuk 100 gram ikan salmon di dalamnya terdapat kandungan protein hingga 20,4 gram. Bukan hanya protein, dalam ikan ini juga mempunyai kandunga lainnya seperti asam lemak omega 3 serta vitamin D.

  1. Daging Ayam

Berikutnya ada daging ayam yang di dalamnya terkandung protein jenis hewani yang begitu tinggi. Hal ini tentunya begitu penting untuk tahap tumbuh kembang pada bayi maupun anak-anak. Untuk berat 100 gram daging ayam ada 31 gram protein jenis hewani. Selain itu di dalam daging ayam terkandung pula antioksidan serta bermacam nutrisi lainnya yaitu vitamin B6, zat besi, magnesium, selenium, fosfor serta masih banyak lagi.

  1. Telur

Selain daging-dagingan, di dalam telur juga ada protein jenis hewani cukup banyak. Bahkan jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan bermacam sumber hewan yang terdapat protein jenis hewani lainnya. Tingkat protein jenis hewani paling tinggi ada di bagian putih telur. Tak hanya protein, dalam telur juga mempunyai nutrisi lain seperti vitamin, asam lemak omega 3, mineral serta antioksidan.

  1. Daging merah

Makanan daging merah atau berupa jenis daging sapi tanpa terdapat lemak termasuk sebagai salah satu sumber protein jenis hewani yang terbilang banyak. Untuk daging sapi seberat 85 gram terdapat kadar protein yang bisa mencapai 25 gram. Selain itu di dalam daging tanpa lemak ini juga terkandung sejumlah nutrisi lain seperti zat besi, B12, B3, B6 dan zinc.

Itulah beberapa makanan yang di dalamnya terdapat cukup banyak kandungan protein jenis hewani dan penting untuk menjadi konsumsi harian.