Mengetahui Apa Itu Kegunaan Obat Dexteem Plus Dan Cara Penggunaannya

Pernahkah anda mendengar tentang obat Dexteem Plus ? Ya, Dexteem Plus ini merupakan obat yang biasa digunakan untuk meredakan jenis penyakit seperti flu, pilek, dan juga peradangan. Biasanya obat ini diberikan pada orang yang mengalami gangguan rhinitis akibat alergi kelas menengah atau yang belum terlalu parah.

Didalam obat ini terdapat kandungan zat aktif dexamethasone dan juga dexchlorpheniramine yang dapat mengurangi dan meredakan gejala alergi dan juga peradangan yang terjadi karena seseorang mengalami alergi atau efek samping tertentu. Selain itu didalam obat ini juga mengandung zat antihistamin dan juga kortikosteroid yang dapat meredakan gejala yang muncul akibat efek alergi di area hidung.

Jadi memang obat Dexteem Plus ini memang memiliki kegunaan utama sebagai obat yang dapat meredakan dan mengatasi peradangan. Namun ternyata selain dapat mengobati peradangan di sekitar area hidung ternyata obat Dexteem Plus ini juga dapat mengobati efek allergen di area kulit yang di akibatkan kontak tertentu ataupun alergi terhadap jenis makanan tertentu.

Biasanya orang yang mengalami alergi dengan reaksi gatal – gatal ataupun ruam di area kulitnya bisa diberikan obat Dexteem Plus ini sebagai salah satu obat untu meredakan gejalanya. Selain itu kandungan antihistamin didalam Dexteem Plus ini juga bisa berfungsi sebagai obat antireumatik.

Karena Dexteem Plus ini juga merupakan obat yang termasuk kedalam golongan obat kortikosteroid, jadi obat ini juga mampu digunakan untuk menekan reaksi peradangan yang terjadi didalam tubuh. Jadi jika anda sedang mengalami radang tenggorokan atau peradangan lainnya, anda bisa menggunakan obat ini untuk meredakan gejalanya.

Meskipun obat Dexteem Plus ini merupakan obat untuk mengobati gejala – gejala penyakit ringan. Tetapi untuk mengkonsumsi obat ini anda masih harus menggunakan resep dokter karena obat ini tergolong kedalam obat keras. Pemberian dosis obat inipun berbeda – beda tergantung kondisi dan usia dari pengguna. Berikut ini dosis penggunaan obat Dexteem Plus yang dianjurkan oleh dokter.

  • Untuk anak usia 2 – 6 tahun disarankan mengkonsumsi ¼ tablet Dexteem Plus diminum 3 – 4 x sehari, setelah makan.
  • Untuk anak usia 6 – 12 tahun disarankan mengkonsumsi ½ tablet Dexteem Plus diminum 3 – 4 x dalam sehari setelah makan.
  • Untuk Dewasa disarankan mengkonsumsi 1 tablet Dexteem Plus diminum 3 -4 x sehari, setelah makan.

Selain mengikuti dosis dan anjuran diatas, sebelum mengkonsumsi obat Dexteem Plus ini juga anda tetap dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Karena ditakutkan anda harus mengkonsumsi obat lain bersamaan dengan Dexteem Plus. Untuk menghindari kontra indikasi yang berlebihan maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait.

Sebelum anda mengkonsumsi obat Dexteem Plus ini juga anda dianjurkan untuk makan terlebih dahulu untuk menghindari resiko terjadinya efek samping seperti naiknya asam lambung. Jika anda juga melewatkan waktu konsumsi obat ini maka sebaiknya anda segera melanjutkannya, tetapi jika jarak konsumsi obat dengan dosis selanjutnya berdekatan maka sebaiknya dosis sebelumnya dilewat saja.

Untuk penyimpanan sebaiknya simpan obat ini ditempat yang kering dan sejuk, simpan obat ini juga ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Hindari penyimpanan obat ini dari tempat yang mudah dijangkau oleh anak – anak. Selebihnya jika terjadi indikasi berlebihan maka berhenti konsumsi obat dan segera konsultasikan dengan dokter terkait.