Peralatan Gigi untuk Sleep Apnea: Apakah dapat Bekerja?

Peralatan Gigi untuk Sleep Apnea: Apakah dapat Bekerja? – Menjaga pasangan Anda – atau diri Anda sendiri – di malam hari mendengkur keras? Ini mungkin lebih mengganggu. Sekitar 25% pria dan hampir 10% wanita memiliki apnea tidur obstruktif (OSA), gangguan tidur serius yang ditandai dengan mendengkur, mendengus, dan napas meledak.

Peralatan Gigi untuk Sleep Apnea: Apakah dapat Bekerja?

Jaringan di bagian belakang tenggorokan untuk sementara memblokir jalan napas, menyebabkan jeda dalam bernapas (apnea) sepanjang malam. OSA tidak hanya membuat orang lelah dan pusing, tetapi juga menempatkan mereka pada risiko sejumlah masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, depresi, dan penyakit jantung.

Perawatan yang paling efektif dan paling banyak dipelajari adalah positive airway pressure (PAP), sebuah mesin kecil di samping tempat tidur yang meniupkan udara melalui masker untuk mencegah jalan napas Anda kolaps. Tetapi orang dengan OSA ringan atau sedang terkadang merasa PAP sulit digunakan, dan sering bertanya-tanya tentang alternatif nya. Perangkat gigi (juga dikenal sebagai peralatan mulut) menjadi pilihan bagi sebagian orang. Tetapi lakukan pekerjaan rumah Anda sebelum menempuh rute ini, kata Sogol Javaheri, MD, MPH, MA, spesialis tidur di Brigham and Women’s Hospital yang berafiliasi dengan Harvard.

Siapa yang mungkin mendapat manfaat dari kit gigi untuk sleep apnea?

“Perangkat ini seharusnya memposisikan ulang rahang atau lidah Anda untuk membuka saluran udara bagian atas Anda. Tapi mereka bisa sangat tidak nyaman dan hanya bekerja sekitar separuh waktu,” kata Dr. Javaheri. Sulit untuk memprediksi siapa yang mungkin mendapat manfaat dari penggunaan perangkat oral, dan orang dengan OSA yang sangat ringan dan beberapa gejala mungkin tidak melihat perbedaan apa pun. Akibatnya, ia umumnya tidak merekomendasikan nya kecuali untuk orang dengan OSA ringan hingga sedang atau mereka dengan OSA berat yang tidak dapat mentoleransi PAP.

Tiga kategori utama perangkat gigi untuk OSA

Perangkat kemajuan mandibula. Terbuat dari plastik keras yang dicetak, perangkat ini menempel pada gigi bawah dan atas Anda, dan juga memiliki engsel dan sekrup logam yang dapat dikencangkan untuk mendorong rahang bawah Anda ke depan. Beberapa dokter gigi membuat perangkat kemajuan mandibula khusus, tetapi sebelum Anda mempertimbangkan untuk membeli perangkat khusus, pastikan untuk menanyakan apakah dokter gigi Anda memiliki pengalaman dalam gangguan pernapasan terkait tidur dan disertifikasi oleh American Academy of Sleep Medicine. Beberapa dokter gigi non-bersertifikat hanya mengambil cetakan gigi Anda, mengirimkannya ke perusahaan yang membuat perangkat, kemudian menjualnya kepada Anda untuk markup besar — ​​terkadang berjumlah $4,000 atau lebih. Terlebih lagi, itu tidak mungkin ditanggung oleh asuransi gigi atau kesehatan Anda jika digunakan untuk mendengkur.

Penjaga mulut. Mirip dengan perangkat kemajuan mandibula, perangkat ini juga membantu memposisikan ulang rahang bawah Anda, meskipun pada tingkat yang lebih rendah. Beberapa dokter tidur merekomendasikan SnoreRx, yang dapat Anda beli secara online dengan harga kurang dari $100. Alih-alih memulai dengan cetakan gigi yang dibuat oleh dokter gigi, Anda menggunakan apa yang disebut perusahaan sebagai metode “rebus dan gigit”. Anda menempatkan perangkat dalam secangkir air mendidih selama satu menit dan kemudian menggigit plastik lembut sehingga cetakan untuk gigi Anda.

penahan lidah. Perangkat ini terdiri dari belat plastik lembut yang ditempatkan di sekitar lidah Anda yang menahannya ke depan dan keluar dari mulut Anda sepanjang malam. Mereka cenderung membuat mulut Anda sangat kering dan bisa sangat tidak nyaman.

Sebagian besar paket asuransi setidaknya menutupi sebagian perangkat ini saat digunakan untuk OSA, tetapi tidak saat digunakan untuk mendengkur sederhana. Jangan tergoda untuk mencobanya kecuali Anda telah resmi didiagnosis menderita OSA, kata Dr. Javaheri. Dan bahkan jika Anda memiliki OSA, pastikan untuk menghubungi perusahaan asuransi Anda sehingga Anda memahami berapa banyak yang ditanggung sebelum Anda membuat perangkat.

Sumber: Swab Test Jakarta